BAI'AT
Dilihat dari segi bahasa, bai’at sama dengan ijazah yang artinya menerima sesuatu dari seorang guru secara resmi dan teratur. Sesuatu tersebut bisa berupa ilmu, amalan, kitab, pola hidup dan lain sebagainya. Pemberian ini akan sampai kepada Rasulullah saw karena berupa amalan dari beliau. 
Ketika dunia berkembang, istilah bai’at menjadi lebih khusus digunakan oleh kelompol tarekat dalam tasawuf. Hal ini karena diluar kelompok tarekat istilah bai’at tidak dikenal. Apabila ingin masuk ke dalam kelompok tarekat tertentu atau ingin mengamalkan amalan dzikir yang mereka kerjakan dan ingin diaku sebagai jama’ahnya maka harus melalui bai’at terlebih dahulu, apabila belum dibai’at maka kita hanya dianggap sebagai tamu biasa. Lain halnya dengan ratib Al Attas, semua orang bebas mengamalkannya tanpa harus dibai’at terlebih dahulu. Saat dunia berkembang terus maka bai’at tersebut lebih khusus lagi bagi kelompok orang yang ingin menegakkan syari’at Islam dimana seseorang berjanji untuk menyerahkan jiwa raganya untuk agama Allah. Hal yang menyimpang dari istilah bai’at ini adala ketika ada pernyataan bahwa jika seseorang belum dibai’at maka Islamnya tidak benar dan belum sempurna atau tidak diakui. Inilah hal yang tidak diperbolehkan. Dikatakan bahwa orang menjadi muslim tidak memerlukan bai’at, apabila kita menjadi muslim cukup dengan bersyahadat, beriman dan beramal serta tidak ada istilah bai’at di dalamnya. 
Kalimat bai’at pertama kali muncul berupa suatu kesepakatan, perjanjian antara orang-orang Madinah dengan Nabi Muhammad saw. Ketika musim haji ketika Nabi saw berada di Mekkah, orang-orang Madinah mengetahui bahwa ada Nabi saw di Madinah maka mereka mengirim beberapa utusan untuk bertemu dengan Nabi saw. mereka bertemu di suatu mesjid di Mina. Kemudian para utusan pun berbicara kepada Rasulullah saw dan menyatakan bahwa orang-orang Madinah sangat mengharapkan kehadiarannya di Madinah dan mereka berjanji untuk menyiapkan segala sesuatunya di Madinah demi menyambut kedatangan Nabi saw. intinya adalah saat itulah pertama kalinya muncul istilah kata bai’at di dalam Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar